Mau, Blog dan Domain .my.id Gratis dari PANDI?

Friday, April 21, 2017

Mari bergabung di revolusi Identitas Digital Indonesia. Cukup gunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari KTP anda, dan nikmati kemudahan beraktifitas digital.

Sudahkan tahukan Anda dengan program PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) terbaru yang satu ini? Bersyukurlah karena dengan adanya program ini kita akan mendapatkan satu domain gratis dengan ekstensi .my.id beserta satu blog gratis pula dengan platform WordPress Multiuser. Atau anggap saja kalian akan mendapatkan satu blog WordPress beserta domain my.id gratis tis tis. Contohnya http://sasono.my.id Uhuk ..

How Does It Work?

Seperti yang tertulis di halaman awal demo.e.id.

Mari bergabung di revolusi Identitas Digital Indonesia. Cukup gunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari KTP anda, dan nikmati kemudahan beraktifitas digital.

Program ini menggunakan data yang ada atau yang telah terdaftar dalam e-KTP. Karena dalam proses registrasi kalian akan diminta untuk memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terdapat pada e-KTP kalian masing-masing. Jadi bagi kalian yang sekarang telah memiliki e-KTP kalian akan dapat menggunakan layanan ini. Oh ya, layanan ini masih bersifat beta, jadi silahkan mencoba dan daftarkan domain yang kalian inginkan sebelum diambil orang lain.

Cara Pendaftaran

  1. Buka halaman demo.e.id dan lakukan registrasi dengan klik tombol Mendaftar. Lalu isi form seperti yang terlihat di bawah yang berisi NIK, Nama ibu, Nomor ponsel, alamat email, dan kata sandi (yang menggunakan minimal 8 karakter yang terdiri dari kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan symbol seperti : !@#$%^&). Jangan lupa ceklis untuk menyetujui syarat dan ketentuan serta CAPTCHA.
  2. Buka alamat email yang kalian gunakan dalam pendaftaran di awal untuk melakukan konfirmasi.
  3. Silahkan kembali ke halaman demo.e.id untuk melakukan login menggunakan NIK/alamat email serta password dalam pendaftaran. Seperti inilah halaman profil milik saya.
  4. Silahkan kembali ke halaman http://www.my.id/ lalu klik menu BUAT TULISAN/DAFTAR seperti pada gambar di bawah.
  5. Masukkan Judul blog dan alamat/domain yang kalian inginkan. Misal sasono.my.id 😀 Tunggu proses pendaftaran sekitar 15-30 menit (biasanya tidak sampai satu menit sih).
  6. Selamat, sekarang kalian sudah memiliki sebuah blog beserta domain .my.id gratis dengan mesin WordPress. So familiar, huh?

Catatan

  1. Layanan blog gratis ini sayangnya hanya menyediakan space sebesar 100MB, jadi bisa dipastikan kalian tidak bisa mengunggah terlalu banyak gambar. Saran saya, gunakan source gambar di tempat lain semisal Blogger, WordPress.com atau yang lain. Biar hemat ya gaes.
  2. ayanan blog gratis ini tidak memperkenankan kalian menggunakan plugin maupun tema tambahan. Tema bawaan yang disediakan hanya berjumlah 4 (Twenty Seventeen, Libre, Twenty Sixteen, dan Twenty Fifteen
  3. Meskipun menggunakan platform WordPress, untuk melakukan login ke layanan blog ini kalian tidak dapat melakukan login melalui domain.my.id/wp-login. Silahkan melakukannya dengan membuka halaman demo.e.id dan masuk menggunakan NIK/email serta password yang kalian gunakan. Atau melalui halaman www.my.id.

Catatan tambahan akan saya cantumkan menyusul.

Happy blogging .. 🙂